top of page

Mengenal Likopen Pada Tomat


Mengenal Likopen pada Tomat

Pengertian Likopen (Lykopene)

Likopen (Lykopene) merupakan karotenoid dan fitonutrisi yang dapat ditemukan dalam beberapa buah dan sayuran yang berwarna merah seperti tomat, jeruk bali, semangka dan pepaya, senyawa likopen inilah yang bertanggung jawab untuk memberikan warna merah dalam makanan ini. Pada dasarnya dalam tubuh kita sudah terdapat Likopen secara alami, berupa pigmen warna merah terang pada hati, darah, kelenjar adrenal, paru-paru, prostat, usus, dan kulit.

Fungsi Likopen

1. Antioksidan untuk mencegah bahaya radikal bebas limbah dari hasi metabolisme tubuh.

Radikal bebas merupakan senyawa yang dapat menimbulkan kerusakan pada sel tubuh. Adanya likopen sebagai antioksidan efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga ketebalan dan fluiditas membran sel. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi makanan kaya likopen dapat menghasilkan manfaat kesehatan yang luar biasa. Likopen secara khusus dapat mencegah berbagai jenis kanker dan beberapa penyakit lainnya seperti penyakit jantung, ketidak suburan, penyakit diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Tomat adalah sumber kalium yang sangat baik, dan konsumsi makanan kaya kalium telah terbukti dapat menurunkan tekanan darah tinggi, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung. Satu cangkir tomat menyediakan 11,4 % dari nilai harian yang direkomendasikan untuk kalium.

3. Memperlancar Peredaran darah dan Mengurangi Risiko Sakit Jantung

Selain mencegah kanker, lycopene dalam tomat juga memberikan manfaat untuk sistem jantung dan peredaran darah. Sebuah penelitian yang dilakukan di Brigham dan Women’s Hospital, Boston meneliti sekitar 40.000 wanita setengah baya dan lebih tua tanpa penyakit jantung dan kanker selama lebih dari 7 tahun. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 7 sampai 10 porsi makanan kaya lycopene (produk berbahan tomat, termasuk tomat dan pizza) setiap minggu mempunyai risiko 29% lebih rendah terkena penyakit jantung bila dibandingkan dengan wanita yang makan kurang dari 1,5 porsi produk tomat tiap minggu. Manfaat lain dari tomat adalah menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi serta berkontribusi terhadap kesehatan jantung.

4. Mencerahkan Pengelihatan/Mata

Tomat mengandung vitamin A (dalam bentuk beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh). Berfungsi untuk memperbaiki pengelihatan dan mencegah masalah penglihatan, seperti buta senja dan degenerasi macula (AMD).

5. Membersihkan Pencernaan

Tomat adalah sumber yang serat baik. Oleh karenanya tomat dapat mencegah kasus-kasus ekstrim seperti diare atau sembelit, juga dapat memelihara kesehatan saluran pencernaan secara keseluruhan. Tomat juga berfungsi untuk detoksifikasi dalam tubuh.

6. Dapat digunakan untuk perawatan kulit

Karena mengandung antioksidan yang tinggi bahan makanan yang mengandung likopen seperti tomat dapat dibuat masker untuk menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan aktivasi likopen

Pada sebagian besar hidangan, tomat kerap disajikan segar. Namun, tomat akan lebih baik dikonsumsi setelah melalui proses pemasakan. Sebab, jika sudah dimasak maka jumlah likopen dalam tomat akan meningkat hingga 10 kali lipat.

Menu makanan dan produk mengandung likopen

1. Tomato sup

2. Jus tomat dan modifikasi jus tomat

3. Masker Wajah

Reference

sajianansedap.com

referensisehat.com

Referensi gambar: https://pngtree.com/freepng/tomato_786408.html

Penulis : Nia Fatimah

Redaktor : Khanifah H. P. N

Designer : Fillah Muty Syahidah

Recent Posts  
bottom of page