top of page

World Mental Health Day

World Mental Health Day !

Selama ini masyarakat luas mengenal kesehatan kerja hanya berkaitan dengan masalah fisik atau keselamatan kerja di suatu perusahaan. Sedangkan masalah kesehatan lainnya terutama kesehatan mental karyawan tidak pernah menjadi fokus utama. Hal tersebut yang kemudian menjadi fokus pada Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada 10 Oktober 2017. Tema yang diangkat pun adalah Mental Health in Workplace.

Stress di tempat kerja tidak dapat dihindari begitu saja oleh para karyawan. Kondisi tersebut berpengaruh besar terhadap performa karyawan saat bekerja. Jika dilihat dari keterkaitan antara stress dan tempat kerja ternyata biasanya orang mengalami stress akibat beban pekerjaan yang terlalu berat. Misalkan orang yang mengalami masalah kesehatan jiwa, seperti depresi, stress, dan cemas, hal tersebut menyebabkan pekerja tidak dapat bekerja secara maksimal. Dampak dari kondisi ini akan memengaruhi kualitas hidup, sekaligus kualitas pekerjaan individu tersebut.

Bahkan berdasarkan WHO (World Health Organization) terdapat 300 juta orang mengalami depresi dan 260 juta orang mengalmi stress. Hal tersebut menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh berbagai pihak, bukan hanya karyawan, tetapi juga sebagai seseorang yang memberikan lapangan pekerjaan. Jika pikiran, perasaan, dan perilaku mengalami gangguan yang terjadi berturut-turut, ada baiknya melakukan konsultasi ke ahlinya, seperti dokter, psikolog, maupun perawat jiwa.

Jangan ditunda karena gangguan kejiwaan akan sangat berhubungan dengan masalah lainnya termasuk gangguan fisik. Sebab, gangguan kejiwaan ini dapat dicegah dan disembuhkan.

There is no health without mental health. Don’t let it be a problem.

Penulis : Rizki Aprilia Redaktor : Diana Rahayu Designer : Hanindhiya

Recent Posts  
bottom of page